Rabu, 26 Oktober 2016

Cara Back up dan Restore Data Dapodik 2016

SEBENARNYA solusi ini UDA Lama Rekan Ops, tapi KINI dihadirkan Kembali, krn ada kasus sekolah yang kini belum memiliki Laptop dengan alasan banyak' yang ada hanya Komputer (CPU), lucukan jikalau Kalau Komputer itu dibawa kemana-mana' nga kebayang cari jaringan didepan ada MONITOR trus dibelakan ada CPUnya buat cari jaringan, bukan hanya itu ''Jaringan disekolah tersebut lebih galau dibandingkan insetif OPERATOR, heheh, waduhhh kok curhat.. maaf Ya... kawang sesuai Fakta dilapangan. its okkk''' nda usa panjang lebar membahas tersebut,, kita bahas tentang Cara Backup dan Restore Data Dapodik 2016.
Backup data Dapodik adalah membuat cadangan database dapodik pada drive lain untuk mencegah sesuatu yang tidak diingingkan. Misal ketika laptop harus diinstal ulang, maka tidak akan kehilangan data. Seperti kita tahu bahwa aplikasi dapodik terinstal pada drive "C", itu artinya katika laptop rusak dan mengharuskan instal ulang otomatis data dapodik juga akan ikut terhapus.
Kehilangan data dapodik sebenarnya bukan hal yang sangat serius dan harus panik. Hal ini karena setiap kita melakukan sinkronisasi, itu artinya sedang mengirim data  ke server pusat. Nah jika suatu saat kita harus intal ulang dapodik maka kita bisa menggunakan data dari server berupa prefill data dapodik. 

Namun yang jadi masalah, pada saat instal harus melakukan registrasi ulang dan harus menggunakan kode registrasi. Nah bagaiman jika kita lupa kode registrasi dapodik?

Nah sebelum semua itu terjadi, alangkah baiknya kita melakukan backup data dapodik pada komputer atau laptop kita sendiri. Kelebihan dari cara backup data dapodik ini adalah semua data baik data login maupun data sekolah (siswa,PTK, pembeljaran, dll) tersimpan dengan aman sehingga ketika menginstal ulang dapodik :

1. Tidak perlu download data prefill
2. Tidak perlu melakukan registrasi ulang
3. Tidak perlu repot mencari kode registrasi
Berikut Admin beritahu  Cara Backup dan Restore Data DAPODIK 2016 :
1. Klik start
2. Ketik 
Services

3 Klik Services dengan gambar gerigi

4. Klik pada DapodikdasDB, kemudian klik Stop
5. Klik pada 
DapodikdasWebSrv, kemudian klik Stop
6. Buka Windows Explorer
7. Silakan buka direktori C:\Program Files\Dapodik

8. Copy folder "database" 
9. Silakan simpan atau paste di Drive D/E/F atau drive mana saja yang anda anggap aman.

Nah, kini anda sudah memiliki cadangan data dapodik sehingga lebih merasa aman dari rasa khawatir kehilangan data. Saya sarankan lakukan backup seperti langkah di atas setiap setelah melakukan perubahan data, apalagi data tersebut belum disinkronisasi, sehingga anda tidak akan kehlingan hasil pekerjaan anda.


Cara restore data dapodik hasil backup

Setelah anda menginstal ulang dapodik, langkah selanjutnya adalah memaskukkan data dapodik yang sudah dibackup. Untuk cara instal saya yakin anda sudah terbiasa. Sekarang kita fokus pada cara restore atau mengembalikan data dapodik yang sudah dibackup saja.
1. Lakuka langkah 1 - 7 pada cara backup data dapodik
2. Silakan anda hapus folder 
"database"
3. Copy 
folder "database" hasil backup dapodik
4. Paste pada folder C:\Program Files\Dapodikdas (mengganti folder yang sudah dihapus)

Cara menjalankan DAPODIK setelah backup dan restore
1. Silakan lakukan ulang langkah 1 - 3 pada cara backup data dapodik
2. Klik pada 
DapodikdasDB, kemudian klik Start
3. Klik pada 
DapodikdasWebSrv, kemudian klik Start
4. Silakan bukan dapodik anda


Nah dengan Cara Backup dan Restore Data Dapodi 2016  anda sudah bisa menyimpan dan mengembalikan data dapodik tanpa harus repot download data prefil, tanpa registrasi ulang dan tanpa mengingat kode registrasi. Sangat mudah, aman dan menyenangkan

Admin_Nasty MEMPERINGATKAN Yang mau Copy Paste (COPAS) Jagan Lupa Tampilkan Sumber ini : http://opsptd.blogspot.com/2016/08/cara-backup-dan-restore-data-dapodik.html#ixzz4OFy0mRBe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar